• Today is: Tuesday, 17 July 2018

Selamat, Spotlight Sukses Sabet Gelar Film Terbaik Oscar 2016

0
detty posted this 03 March 2016 on 03-03-2016 03:07

Spotlight Sukses Sabet Gelar Film Terbaik Oscar 2016

Gelaran Oscar yang ke-88 kali ini benar-benar membuat para kru dan pemain film Spotlight turut berbinar-binar.

Bukan tanpa alasan, karena film Spotlight dinobatkan sebagai Film Terbaik tahun ini di ajang tahunan para insan film, Oscar 2016.

Kendati hanya kuda hitam alias tidak diprediksi menang mengungguli film saingannya, the Revenant, publik malah dikejutkan dengan judul film berkisah tentang para jurnalis mengungkap misteri kekerasan seksual di kalangan Pastor ini, disebutkan sebagai pemenang kategori Best Movie of The Year.

Gedung Dolby Theater, Los Angeles seakan menjadi saksi bisu kemenangan besar film Spotlight yang mendulang sukses itu. Sang produser, Michael Sugar seakan makin percaya diri untuk mengumumkan pada masyarakat luas melalui filmnya bahwa kekerasan seksual pada anak sudah tidak bisa didiamkan saja dan perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Termasuk dari kalangan Pastor.

"Paus Fransiskus, saat ini adalah waktunya melindungi anak-anak dan mengembalikan kepercayaan kita," Ucap Michael.

Tidak hanya the Revenant semata yang berhasil ia tendang, ada sejumlah judul-judul film saingan terberat yang ternyata mampu ia tekuk seperti Bridge of Spies, The Big Short, Mad Max: Fury Road, The Martian, Room dan Brooklyn.

Kisah perjuangan para jurnalis menguak skandal kekerasan seksual terhadap 80 anak-anak

Film Spotlight memang layak menyandang gelar sebagai Film Terbaik Oscar 2016 lantaran mengangkat isu yang sangat sensitif di sekitar lingkup Pastor. Film ini menguak tabir rahasia oknum Pastor yang melakukan kekerasan seksual kepada anak-anak, didasarkan pada kisah konkrit yang terjadi di Boston pada 2001.

Adalah para jurnalis yang dipimpin oleh Chief Editor bernama Walter 'Robby' Robinson, yang diperankan oleh Michael Keaton. Bersama rekan-rekan jurnalis dan reporter seperti Michael Rezendes (Mark Ruffalo) , Matt Carroll (Brian d’Arcy James), serta Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), mereka mencari bukti-bukti yang sangat sensitif dan rahasia untuk mengungkap misteri kasus kekerasan seksual anak tersebut.

Kategori Belum Dibacakan, Kru Film Spotlight Sudah Sambut Kemenangan

Bukan bermaksud besar kepala atau percaya diri akan kemenangan mereka, tapi para pemain Spotlight sudah merayakan kemenangan sebelum Piala Oscar 2016 dimulai.

Mereka melakukan hal tersebut karena Film Spotlight meraih 4 piala di ajang penghargaan lain yaitu Independent Spirit Awards. Bertempat di Sunset Tower in West Hollywood, sudah hadir Liev Schreiber, Michael Keaton, Mark Ruffalo beserta istri, Sunrise Coigney, beserta sang produser, Michael Sugar, untuk merayakan kemenangan tersebut dalam pesta makan malam pra-Oscar.

Kemenangan film Spotlight tidak hanya berhenti di Piala Oscar 2016 dan Independent Spirit Awards, usut punya usut, film yang mengisahkan tentang penyelidikan kasus Pastor John Geoghan itu juga mendulang sukses di Critics' Choice Awards, AACTA International Awards, ditambah Screen Actors Guild Awards.

Kasus yang sangat sensitif dan ditutup rapat-rapat oleh kalangan Gereja Katolik ini seperti menampar berbagai kalangan bahwa kekerasan seksual pada anak-anak bisa terjadi di mana saja dan siapa saja.

Last edited 03 March 2016


loading...

0 Comments