• Today is: Tuesday, 21 August 2018

Rasisme Oscar Membuat Insan Film Hollywood Gusar

0
sukmadewi posted this 29 February 2016 on 29-02-2016 04:28

Mad Max: Fury Road Sabet 6 Penghargaan

Rasisme Oscar Membuat Insan Film Hollywood Gusar

Isu rasisme yang selalu mewarnai penghargaan tertinggi bagi insan perfilman dunia, Academy Award atau yang lebih dikenal dengan Oscar Awards, masih belum berakhir. Hal ini benar-benar ditekankan oleh sang pembawa acara, Chris Rock, pada perhelatan Oscar yang digelar pada 28 Februari 2016. Ia dan beberapa aktor dan aktris kulit hitam gusar karena tidak pernah ada nominator berkulit hitam dari ratusan aktor dan aktris mumpuni yang membintangi puluhan film terapik di sepanjang 2015 lalu.

"Selamat datang di perhelatan Academy Awards ke 88, atau bisa saya katakan selamat datang di perhelatan Academy Awards 88 untuk para aktor dan aktris kulit putih?" kata Rock.

"Mengapa perhelatan Oscars masih saja sama dengan yang sudah sering terjadi di tahun 60an? Tahun ini adalah tahun ke 88, dan selama 71 tahun terakhir, tidak pernah ada nominator berkulit hitam?" katanya di depan panggung tanpa menyembunyikan kegusarannya. "Memangnya ini tahun 50an atau 60an?"

Ia melanjutkan bahwa tidak ada protes berarti dari para aktor dan aktris kulit hitam di tahun tersebut karena memang gejolak politik yang masih begitu panas saat itu. "Kami semua, para warga berkulit hitam tidak berpikir siapa yang memenangkan penghargaan Sinematografi terbaik, karena kami sudah disibukkan dengan kesedihan karena anggota keluarga kami yang disiksa, ditembaki dan diperkosa oleh orang kulit putih," ungkapnya blak-blakan.

Salah satu aktris yang juga tidak akan menghadiri perhelatan ini adalah aktris ternama Jada Pinkett Smith. Dengan tegas, ibunda dari Jade Smith ini berkata di depan awak media bahwa ia tidak akan menghadirinya.

Hal serupa juga diserukan oleh Spike Lee. Suami Jada Pinket Smith, Will Smith, juga tidak dinominasikan dalam film terbarunya Concussion. Padahal, siapapun tahu bahwa peran Will Smith dalam film itu tidak main-main.

"Bisa jadi, panitia Academy Awards tahun depan harus menyiapkan penghargaan khusus bagi bagi aktor kulit hitam, dengan kategori yang sama di setiap tahunnya," ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para pengunjung yang datang.

Lalu, siapa saja peraih Oscar tahun ini:

Film Animasi Pendek Terbaik: Bear Story

Film Animasi Terbaik: Inside Out

FIlm Asing Terbaik: Son of Saul

Film dengan Naskah Asli Terbaik: Spotlight

Film dengan Naskah Adaptasi: The Big Short

Aktris Pemeran Pembantu Terbaik: Alicia Vikander – The Danish Girl

Aktor Pemeran Pembantu Terbaik: Mark Rylance

Film dengan Sinematografi Terbaik: The Revenant

Sementara itu, enam penghargaan diraih oleh Mad Max: Fury Road yakni

Film dengan Suntingan Terbaik

Film dengan Suntingan Suara Terbaik

Film dengan Efek Suara Terbaik

Film dengan Desain Kostum Terbaik

Film dengan Produksi Terbaik

Film dengan Tata Rias serta Tata Rambut Terbaik

Last edited 01 March 2016


loading...

0 Comments