• Today is: Tuesday, 21 August 2018

Pemilik Usaha Dilarang Beri Sanksi Karyawan Yang Nonton Piala Eropa 2016

0
admin posted this 30 May 2016 on 30-05-2016 05:20 Edited By: Fania Susanti

nonton langsung pertandingan piala eropa 2016

Terkejut membaca judul di atas? Mungkin hal ini tidak berlaku di Indonesia. Hal ini berlaku di Inggris, dimana sebuah badan hukum yang memayungi hak-hak pengusaha dan pekerja, Acas (Advisory, Conciliation and Arbitration Service) meminta para pemilik usaha di Inggris untuk tidak memberi sanksi kepada karyawan yang meminta ijin untuk menonton pertandingan Piala Eropa 2016 (Euro 2016), yang melibatkan tim Inggris, Wales, Republik Irlandia dan Irlandia Utara. Hal ini berlaku baik bagi mereka yang hendak menonton di Perancis, di televisi, ataupun di layar komputer di tempat kerja!

Hal ini diungkapkan oleh Sir Brendan Barber. Seperti yang dilansir dari telegraph.co.uk, ketua ACAS ini meminta para pemilik perusahaan untuk lebih fleksibel dalam mengijinkan karyawan menggunakan hak cuti tahunannya, bertukar shift dengan temannya, atau mengatur waktu untuk datang ke kantor, sebelum atau sesudah pertandingan Piala Eropa 2016 dari tim-tim yang sudah disebutkan di atas.

Tetapi, sebaliknya, ketua Acas juga meminta para karyawan untuk tahu diri. Mereka yang menonton juga tidak diijinkan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, sehingga dapat mengganggu produktifitas mereka selama jam bekerja. Selain itu, mereka pun diminta untuk tidak memanfaatkan fleksibilitas ini dengan meminta ijin untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan pertandingan di Piala Eropa 2016 (EURO 2016). Dalam hal ini, Acas juga mempersilakan pemilik perusahaan untuk memberi ‘kartu merah’ apabila mereka mendapati karyawan yang memanfaatkan ‘kebaikan hati’ para pemilik perusahaan dengan melakukan hal yang tidak benar.

inggris di piala eropa 2016

Acas memberlakukan hal ini, terkait dengan ‘perang saudara’ yakni pertandingan antara Inggris vs Wales. Pertandingan di Grup B ini akan digelar pada 16 Juni, pukul 2 siang. Momen ini harus diantisipasi oleh para bos, yang pasti sangat frustasi jika melihat para karyawan asyik di depan komputer, namun hanya untuk menonton siaran ‘streaming’ pertandingan ini. Atau, mereka akan mendapati banyak permohonan cuti dari karyawan yang ingin menonton langsung pertandingan ini di Stade Bollaert-Delelis, Lens.

Pertandingan Piala Eropa 2016 lainnya yang juga masih termasuk hari kerja adalah Irlandia Utara yang akan berhadapan dengan Ukraina pada 16 Juni, dan Jerman pada 21 Juni. Sedangkan Republik Irlandia juga akan berhadapan dengan Swedia (Grup E) pada pukul 5 sore, tanggal 13 Juni.

Saat memasuki babak 16 besar, hanya satu pertandingan yang akan digelar pada jam kerja dan hari kerja. Sedangkan semua pertandingan di babak perempat final dan selanjutnya akan digelar pada jam 8 malam. Nah, tentu mereka masih berharap bahwa tim kesayangan mereka akan terus melaju ke final, bukan?

Seperti yang sudah diketahui, Piala Eropa 2016 (Euro 2016) menjadi sangat istimewa karena untuk pertama kalinya Wales dan Irlandia Utara berhasil lolos babak kualifikasi.

“Euro 2016 adalah momen yang sangat penting bagi warga negara Inggris, Wales, Irlandia dan Irlandia Utara. Karena itu, pemilik perusahaan seharusnya bersikap fleksibel karena hal ini dapat memengaruhi produktifitas karyawan. Karyawan yang hatinya senang, tentu akan lebih produktif,” begitu alasan Sir Brendan Barber.

Acas tak sembarangan mengeluarkan ‘fatwa’ seperti ini. Menurut Barber, Acas akan mengeluarkan pedoman bagi para manajer supaya dapat mengatur absensi, dimana mereka yang ijin tidak masuk harus memberi tahu terlebih dahulu supaya ada karyawan lain yang dapat menggantikannya. Namun demikian, Acas memberi keleluasaan bagi manajer untuk membatasi karyawan dalam menggunakan media sosial saat bekerja. “Jika pemilik perusahaan mengontrol penggunaan internet di kantor, hal ini harus benar-benar adil dan berlaku untuk semua karyawan,” pungkas Barber.

Last edited 30 May 2016


loading...

0 Comments