• Today is: Saturday, 15 December 2018

Nah Lho, Feminis Yunani Larang Wanita Menonton Serial ‘Fatmagul’?

0
victorS posted this 27 March 2016 on 27-03-2016 07:21 Edited By: Victor S

Feminis Yunani Larang Wanita Menonton Serial ‘Fatmagul’

Picture: caracoltv.com

Usai meraup sukses di negara Arab dan Indonesia, agaknya produser serial drama Turki, "Fatmagul" ogah kehilangan kesempatan emas untuk mendulang lebih banyak uang ke negeri Dewi Athena, Yunani.

Semenjak debut penayangan pertama serial drama Fatmagul, rating menunjukkan angka yang sangat baik. Akan tetapi, masalah lain mulai muncul, yaitu kritik pedas dari para politikus Yunani.

Kritik para feminis yang datang dari Koalisi Partai Oposisi dari sayap kiri (SYRIZA) membuat pengaduan pada Dewan Tinggi Radio dan Televisi Yunani (ESRT) yang berisi sebuah pertanyaan, "Dapatkah wanita jatuh cinta dengan pemerkosanya?" yang kerap ditampilkan dalam trailer.

"(Jangan sampai) Serial TV ini memberikan kepercayaan pada masyarakat bahwa pemerkosaan itu budaya. Ini adalah pesan yang salah” Terang salah satu anggota dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu juga menolak tegas untuk menampilkan serial TV Fatmagul di mana isu pemerkosaan sedang marak di dalam negeri Yunani. Pihak ESRT dianggap tidak sensitif dengan tetap menayangkan serial Fatmagul. Para feminis Yunani sepakat untuk melarang semua wanita di negeri Dewi Athena itu untuk tidak menonton serial Fatmagul.

"Fatmagül'ün Suçu Ne" dibintangi oleh aktris cantik, Beren Saat yang berperan sebagai Fatmagül. Sementara, aktor Engin Akyürek berperan sebagai Karim, karakter utama pria dalam serial TV itu. Karim adalah suami dari Fatmagül dan melindungi dirinya.

Ketika pertama kali ditayangkan, serial ini juga memicu kontroversi di kalangan rakyat Turki yang mengklaim bahwa serial TV ini menggiring opini masyarakat agar menikahkan korban dengan pemerkosa, karena Karim dengan tiga pemerkosa dalam insiden itu tidak berusaha mencegah ketiga temannya melakukan penyerangan seksual pada Fatmagül.

Aktor Engin Akyurek Dapat Penghargaan dari International Emmy Awards

engine akyurek kerim fatmagul

Picture: turkishcelebritynews.com

The International Academy of Television Arts & Sciences baru-baru ini mengumumkan bahwa aktor Turki Engin Akyürek telah dinominasikan dalam kategori "Best Performance of Actor" pada International Emmy Awards tahun 2015. Dia juga pernah mendapat gelar Aktor Terbaik di Seoul International Drama Awards.

Ini adalah nominasi pertama Akyürek untuk hadiah bergengsi, yang dianugerahkan pada dia dalam perannya di serial TV Turki populer, "Kara Para ASK" (Black Money Love) atau yang pernah tayang di Indonesia dengan judul "Cinta Elif".

Serial TV tersebut mengisahkan seorang polisi bernama Ömer Demir (diperankan oleh Akyürek) dengan latar belakang kota Istanbul, Turki. Ia menyelidiki kasus pembunuhan wanita yang menjadi tunangannya. Mendapat penghargaan bergengsi dari Internasional, Akyurek kini menduduki posisi tertinggi dalam daftar aktor termahal di Turki menurut asosiasi kritikus film di Turki. Akyurek pun banjir tawaran bermain serial TV dan film.

Ada total 40 nominator yang terpilih, mencakup 10 kategori dan 19 negara, untuk International Emmy Awards. Pemenang akan diumumkan pada acara formal di New York.

Last edited 28 March 2016


loading...

0 Comments