• Today is: Tuesday, 22 May 2018

Kejar-kejaran Rating, D Academy 3 dan The Voice Indonesia Saling Geser Posisi

0
agusmulyanto posted this 16 March 2016 on 16-03-2016 09:43

D Academy 3 dan The Voice Indonesia Saling Geser Posisi

Picture: youtube.com

Pencarian bakat-bakat seni di industri musik Indonesia semakin seru saja. Dengan banyaknya kompetisi adu bakat yang berseliweran di stasiun TV swasta tanah air, membuktikan bahwa acara TV program pencarian adu bakat masih banyak diminati. Terutama para pemirsa tanah air menengah ke bawah yang memiliki siaran TV gratis alias tidak berlangganan.

Hal ini terbukti dari tingginya rating program acara pencarian adu bakat di dunia hiburan terutama musik yang digagas oleh Indosiar dan RCTI. Di stasiun TV Indosiar kini sangat populer acara pencarian penyanyi dangdut baru di D Academy 3.

Dalam beberapa tahun terakhir, D Acedemy 1 hingga 2 sudah sukses membidani lahirnya para penyanyi-penyanyi muda berbakat seperti Lesty (pemenang D Academy 1) dan Danang (pemenang D Academy 2). Acara pencarian bakat penyanyi dangdut yang dibawakan oleh host-host termahal di Indonesia seperti Irfan Hakim, Ramzi, Rina Nose, Andhika Pratama serta Gilang Dirga ini memang sangat layak ditonton. Selain cukup menghibur dengan candaan khas yang membuat para pemirsa bergelak tawa, beberapa juri dan komentator juga cukup renyah dalam membuat hiburan.

Para juri tetap yang sudah tidak perlu diragukan lagi kepiawaiannya dalam mengolah vokal di antaranya Hetty Koes Endang, Iis Dahlia, Inul Daratista, serta penyanyi dangdut senior, Rita Sugiarto.

Sedangkan, juri tamu yang terkadang hadir untuk menggantikan juri-juri lain seperti Cici Paramida, Erie Susan, dan penyanyi asal negeri Jiran, Brunei Darussalam, Fatrur Rozi.

d academy 3 indosiar

Picture: youtube.com

D Academy 3 turut menghadirkan pula komentator di bakat masing-masing, misalnya Soimah untuk mengomentari aksi panggung, Ivan Gunawan di bidang fashion dan penampilan para kontestan, serta Nassar Sungkar untuk olah vokal.

D Academy 3 Tayang Setiap Hari Demi Rating?

Semenjak kehadiran D Academy 1 hingga 2, rating D Academy sudah cukup tinggi. Apalagi, ditambah kehadiran penyanyi sekaligus juri kontroversial, Saipul Jamil, rating Indosiar di primetime sangat tinggi hingga lebih dari 20%.

Sayang disayang, pria yang akrab disapa Bang Ipul itu keburu dipecat lantaran terlibat kasus hukum mencabuli anak di bawah umur. Namun, tetap saja masyarakat masih menyukai program pencarian penyanyi dangdut baru yang tayang setiap hari di layar kaca Indosiar tersebut. Tercatat hingga kini, para kontestan semakin mengerucut menuju puncak 15 finalis atau Top 15.

Berhasil Geser Rating D Academy 3, The Voice Hanya Tayang 2 Kali Seminggu

Pun D Academy 3 menghibur para pemirsa setiap hari di layar kaca Indosiar, tetap saja keberadaan The Voice Indonesia yang hanya tayang 2 kali dalam seminggu, yaitu Jumat dan Sabtu, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nyatanya, adu bakat di bidang tarik suara yang dimentori oleh 4 seniman berbakat Indonesia yaitu Kaka Slank, Agnes Monica, Ari Lasso, dan Judika tersebut berhasil menggeser posisi D Academy 3 dalam peroleh rating di akhir pekan.

Dari data yang berhasil dihimpun, rating The Voice Indonesia, menempati raihan ke-4 dengan jumlah rating 3,7% serta share 22%. Kemudian, DA3 konser final hanya satu peringkat di bawahnya yaitu posisi ke-5 dengan rating 3,3% serta share 18%.

Last edited 23 March 2016


loading...

0 Comments